Gesit Baksos Kesehatan Dan Bagi Sembako Korban Banjir


Pasca banjir disebagian wilayah Kabupaten Pati, masih meninggalkan penderitaan bagi warganya yang terdampak langsung, terutama dari sisi kesehatan. Berdasar dari hal itu, PT. Kalbe Farma, melalui Gerakan Simpatik Entrostop dan Kalpanax (GESIT), menggelar bhakti sosial untuk korban banjir di Desa Widorokandang Kecamatan Pati, Jumat pagi (7/2). 

Bakti sosial pemeriksaan kesehatan dan pembagian sembako tim Gerakan Simpati Entrostop dan Kalpanax PT. Kalbe Farma ini, diberikan warga Kabupaten Pati yang terdampak langsung oleh bencana banjir, dan mulai mengeluhkan kesehatan badannya. Seperti sesak nafas, gatal-gatal pada kulit, kutu air, perut kembung, flu batuk dan pusing. 

Distrik Manager PT. Kalbe Farma Jawa Tengah, Slamet mengaku, memang setiap tahun pihaknya mengadakan bakti sosial untuk membantu masyarakat. Terutama kepada masyarakat yang menjadi korban bencana alam, seperti halnya banjir di Kabupaten Pati yang berdampak langsung dan mempengaruhi kesehatan masyarakat. Dan program ini dilakukan di Kabupaten Pati, yang beberapa pekan terlanda bencana banjir.

“Ini merupakan program PT. Kalbe Farma secara berkala setiap tahunnya. Dimana kita membantu masyarakat yang terkena musibah banjir. Kebetulan untuk di Kabupaten Pati, hanya dilakukan bakti sosial ini di Desa Widorokandang,” kata Distrik Manager PT. Kalbe Farma Jawa Tengah, Slamet.

Distrik Manager PT. Kalbe Farma Jateng, Slamet menambahkan, selain di Kabupaten Pati, pihaknya juga melakukan hal yang sama di Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Kudus, Kabupaten Cirebon, dan dilokasi-lokasi yang terlanda musibah banjir. Dengan mempertimbangkan didesa-desa atau lokasi yang masih tergenang pada pasca banjir.

"Biasanya pasca banjir itu, masyarakat terserang penyakit kulit, gatal-gatal, ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut), atau terserang diare. Jadi kita lihat yang beberapa minggu masih tergenang, dan membutuhkan bantuan dari PT. Kalbe Farma yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan setempat, untuk mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis,” kata Slamet.

Sekdes Widorokandang Kec Pati, Umar Said menyatakan terima kasih kepada PT. Kalbe Farma dengan program GESIT,  yang telah membantu pemeriksaan kesehatan gratis dan pemberian sembako kepada warganya, yang sudah belasan hari terendam banjir.

“Memang waktu banjir lalu, banyak warga kami yang terganggu kesehatannya, antara lain gatal-gatal, sakit mata, batuk pilek,  dan flu. Atas pemberian bantuan pemeriksaan kesehatan gratis ini, warga kami sehat dan dapat kembali melakukan aktivitas bekerja seperti biasanya,” tutur Sekdes Widorokandang.

Dalam bakti sosial itu, tim GESIT PT. Kalbe Farma, melibatkan tim medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pati, dan Puskesmas Pati II.(*)