Haryanto: Produk Unggulan Pati untuk Perkuat Daya Saing


Pasar Produk Unggulan Pragolo yang berada di Jalan Raya Pati-Kudus KM 4 Kecamatan Margorejo, Pati, diharapkan bisa menjadi satu upaya mengentaskan angka kemiskinan di Pati.

Dengan pemberdayaan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Pati, diharapkan akan menyerap tenaga kerja yang pada akhirnya ikut membantu mengentaskan kemiskinan.


"Di Pasar Pragolo sebagian besar merupakan pelaku UMKM di Pati untuk memasarkan produk. Jika UMKM berkembang pesat, maka dapat menyerap tenaga kerja dan diharapkan bisa mengurangi pengangguran," ujar Bupati Pati, Haryanto, Senin (23/5/2016).

Menurutnya, jika angka pengangguran berkurang, otomatis warga mempunyai karya yang dapat mendongkrak kemandirian sekaligus kesejahteraan. Pada akhirnya, akan disusul menurunnya tingkat kemiskinan.

Selain itu, konsep awal pembangunan pasar Pragolo selain untuk mengenalkan produk unggulan dari pelaku UMKM Pati, juga dapat menyumbang pendapatan asli daerah (PAD).

Pemerintah, kata dia, perlu memfokuskan produk unggulan untuk memperkuat daya saing produk di dalam negeri. Apalagi, produk luar negeri sudah banyak merambah pasar dalam negeri pada Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) saat ini.

Menurutnya, di waktu mendatang, pemkab akan menggenjot lima program prioritas pada 2017 untuk mengentaskan kemiskinan. Pertama, upaya peningkatan produksi dan daya saing produk pertanian, perikanan, peternakan dan perkebunan.

Kedua, pemkab akan meningkatkan layanan kesehatan masyarakat. Selanjutnya, infrastruktur sebagai pendukung ekonomi daerah dan pembangunan wilayah juga menjadi prioritas.

"Terakhir, pemkab akan memantapkan implementasi reformasi birokrasi. Dengan meningkatnya kinerja dan profesionalisme birokrasi, maka hubungan antara pemerintah dan masyarakat akan berjalan baik," imbuhnya.