Joss, Pemuda Asal Desa Guyangan Trangkil Pati Ciptakan Aplikasi Wisata Karesidenan Pati

Banyaknya destinasi pariwisata di Karesidenan Pati yang belum banyak diketahui oleh masyarakat, memantik Ulil Albab menciptakan aplikasi Destinasi Karesidenan Pati.

Aplikasi berbasis android yang baru diluncurkan, Selasa (25/7/2017) lalu ini, memang dirancang khusus untuk memandu para wisatawan menemukan objek kunjungan yang ingin didatangi.

“Awal mula saya menciptakan aplikasi ini ialah untuk memudahkan orang-orang yang belum tahu objek wisata di Karesidenan Pati,” beber warga Desa Guyangan, Kecamatan Trangkil Pati ini, Minggu (30/7/2017).

Sampai saat ini, lanjut dia, jumlah objek wisata yang ditawarkan aplikasi tersebut ada 88 destinasi dari enam kabupaten, yakni Kabupaten Pati, Blora, Grobogan, Jepara, Kudus, dan rembang.

Ke depan, ia akan menambahkan destinasi kuliner dan juga tempat-tempat yang asik untuk nongkrong di Karesidenan Pati.

“Wisata kuliner saat ini juga banyak digandrungi orang. Jadi nanti juga akan ditambahkan ke aplikasi tersebut,” tambahnya.

Aplikasi ini dirancang menggunakan teknologi Global Positioning System (GPS). Sehingga bisa mementukan jarak lokasi dari pengguna berada. Artinya, objek wisata terdekat dari pengguna akan otomatis terlihat, beserta jarak tempuh yang dibutuhkan untuk sampai ke lokasi.

Tak hanya itu, desain antar mukannya yang simpel juga memudahkan pengguna dalam menggunakan aplikasi tersebut. Hal tersebut tentunya sangat memudahkan pengguna untk menemukan objek wisata yang hendak dikunjungi.

“Jadi, para pengguna akan terbantu dengan adanya fasilitas GPS tersebut, dan tidak akan kesasar,” bebernya.

Sejak pertama kali diluncurkan lima hari lalu, jumlah pengguna aplikasi tersebut sudah mencapai ratusan orang.

“Aplikasi ini bisa diunduh di playstore, dengan nama Destinasi Wisata Pati,” tutupnya.