Menikmati Panorama Alam Desa Jrahi Gunungwungkal Pati


Mengunjungi tempat yang mempunyai berbagai objek wisata, tentu menjadi impian banyak orang. Selain punya berbagai pilihan kunjungan, wisatawan juga bisa menjelajahi semua objek wisata di tempat tersebut, asal punya banyak waktu untuk berkunjung.

Bagi anda yang menyukai petualangan dengan panorama alam yang masih asri. Destinasi wisata di Desa Jrahi, Kecamatan Gunungwungkal bisa menjadi tujuan anda melepas penat di akhir pekan. Di desa itu, ada dua air terjun dengan airnya yang jernih, yakni air terjun Grenjengan Sewu dan air terjun Sepletok. Masing-masing memiliki keunikan yang berbeda.

Tak hanya air terjun, para pengunjung juga menikmati embung mini dengan pemandangan pegunungan Muria. Tak jauh dari sana, ada tempat peribadatan umat buddha yakni Wihara Saddhagiri nan megah, dengan arsitekturnya yang menawan mata. Masih di lokasi yang sama, ada pancuran sewu salah satu peninggalan sejarah.

Perjalanan anda tidak akan membosankan, karena akses ke lokasi wisata itu sangatlah asri. Menyusuri jalanan setapak dengan berjalan kaki, dengan pemandangan di samping kanan-kirinya terhampar sawah berundak.

Kepala Desa Jrahi, Suyani mengakui, sampai saat ini memang belum ada pengelolaan wisata alam di desanya. Bahkan, penunjuk arah ke desa tersebut pun hampir tidak ada. Sehingga, daerah yang kaya dengan potensi itu hampir tidak pernah dijamah para wisatawan.

“Kami masih terkendala dana, untuk mengelola potensi wisata di desa kami, tapi wacana ke arah sana sudah ada. Biasanya, kalau hari Minggu seperti ini  banyak pengunjung, memang banyak yang tersesat,” tuturnya, Minggu (9/7).

Bahkan, jika para pengunjung ingin bermalam, Wihara Saddhagiri bisa menampung para pengunjung yang telah menyediakan beberapa kamar.