Isniani, Srikandi Daur Ulang Sampah Asal Pati

Isnaini Nur Maimunah pengrajin gaun daur ulang
Siapa sangka, sampah dari beragam barang bekas yang tak terpakai bisa disulap menjadi sesuatu karya seni dengan nilai ekonomi yang tinggi. 

Adalah Isnaini Nur Maimunah (24) gadis cantik warga Kelurahan Kalidoro, Kecamatan Pati Kota, dari tangan kreatifnya dia mampu mengubah sampah menjadi ragam gaun cantik bernilai jual tinggi.

Dalam proses pengerjaannya, ia harus menganyam satu persatu plastik untuk dirangkai menjadi bunga dan anyaman yang kemudian diterapkan di gaun buatannya. Dalam pengerjaan, tentunya membutuhkan kesabaran dan ketelitian ekstra untuk merangkainya menjadi gaun.

Dalam satu kali pembuatan gaun, Isnaini membutuhkan waktu kurang lebih satu minggu bahkan lebih, tergantung tingkat kesulitan. Terlebih, dirinya juga harus memilah sampah plastik terlebih dahulu agar warnanya bisa serasi.

Gaun buatan isnaini biasanya dipesan untuk acara karnaval dan fashion show. Bahkan pada karnaval pembangunan di Pati, 26 agustus nanti, gaun ini juga akan tampil,” ungkapnya, Sabtu (19/8).

“Untuk penyewaan, saya hanya membanderol Rp 100 ribu perharinya. Tetapi untuk gaun yang baru,  harganya Rp 200 ribu, karena pembuatannya lebih sulit,” tambahnya.