Malam Tirakatan Tujuh Belasan Warga Panggungroyom Wedarijaksa Pati


Bagi warga Panggungroyom Wedarijaksa Pati, setiap tanggal 16 Agustus malam hari, selalu menggelar tradisi “Malam Tirakatan” yang menjadi kegiatan rutin sebelum menyambut perayaan hari kemerdekaan RI, tak terkecuali pada tahun 2017 ini.

Seperti yang sudah berjalan, malam tirakatan kali ini warga masyarakat Panggungroyom menggelar Malam Tirakatan dengan menggelar acara pengajian dan membaca tahlil. 

MalamTirakatan kali ini dimulai sekitar pukul 19.00 WIB atau setelah shalat Isya’.  Diawali dengan sambutan pamong desa yang menyampaikan pesan-pesan moral perjuangan dan kemerdekaan. Kemudian dilanjut dengan pembacaan tahlil yang bertujuan untuk mendoakan para pahlawan yang sudah wafat. Puncak acara Malam Tirakatan ditutup dengan acara tasyakuran makan bersama sebagai bentuk syukur masyarakat atas nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.


Malam Tirakatan 17 Agustus memang menjadi potensi budaya lokal yang perlu dilestarikan semua kalangan. Sebab, Malam Tirakatan menjadi malam sakral sebelum menyambut datangnya 17 Agustus di tiap tahunnya.