Segarnya Wedang Ronde Plenyi’an Kudus Dijamin Ketagihan


Kuliner di Kudus memang tidak ada matinya. Selain dikenal dengan Sate Kerbau dan Soto Kerbau. Satu lagi kuliner yang cukup diminati warga di Kota Kudus yaitu Wedang Ronde.

Minuman yang terbuat dari bahan tepung ketan, kacang tanah, kolang-kaling, agar-agar, jahe, dan gula pasir ini sangat enak disajikan saat malam hari.

Di Kudus sendiri ada Wedang Ronde yang terkenal yaitu Wedang Ronde Plenyi’an dan Wedang Ronde Mak Moyong.

Wedang Ronde Mak Moyong ini sudah berjualan sejak 1962 dengan kios berada di Jl Betengan Baru. Karena ada pelebaran jalan di tahun 1967, warung ronde itu kemudian pindah ke Jl. Sidodadi.

Mak Moyong sendiri bertahan sampai tahun 1987 hingga beliau patah tulang. Selanjutnya, usaha dilanjutkan Bu Kiat sampai saat ini.

“Setelah saya kelola, saya kembangkan dengan banyak menu minuman. Selain ronde, ada sekoteng, kacang hijau, dan aneka gorengan. Kemudian ada menu Yang Hun–es sarang burung sintetis, bahannya pakai agar-agar,” kata Bu Kiat.

Kalau berada di Kota Kudus Anda bisa mampir mencicipinya di warung Wedang Ronde Mak Moyong yang berada di Ruko Agus Salim Kudus atau warung Wedang Ronde Plenyi’an di Jl. Kyai H. Wahid Hasyim No.17 Kudus. Warung ini buka mulai pukul 17.00-22.00.

Laila, salah satu penikmat kuliner mengaku puas bisa merasakan Wedang Ronde Plenyi’an.

“Rasanya enak. Lembut tekstur “ronde”nya kalau dibandingkan sama yang lain. Manisnya juga pas,” kata dia.

“Harganya juga lumayan murah. Satu porsi hanya  Rp 4 ribu saja,” ujarnya.