UPTD Pati Ajak Masyarakat Untuk Sadar Tera Ulang

Ilustrasi
Unit Pelaksana Teknis Daerah Metrologi Kabupaten Pati mendorong masyarakat untuk sadar melakukan tera ulang. Sehingga dalam bertransaksi benar-benar antara pedagang dan konsumen memperoleh ukuran, takaran dan timbangan yang sesuai. 

Untuk melindungi konsumen dalam transaksi perdagangan, para pedagang wajib menera-ulangkan alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP). Minimal sekali dalam setahun.

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Metrologi Kabupaten Pati, Sutrisno, pada pedagang dapat meneraulangkan atau mengujikan kembali terhadap timbangan, takaran, dan ukuran yang dipakai dalam perdagangan dengan datang ke UPTD Metrologi Kabupaten Pati.

“Tera ulang ini untuk melindungi masyarakat dari kebenaran ukuran dan menjamin pengukurannya. Kalau memang 1 Kg ya harus tepat 1 Kg, tidak boleh kurang,” jelasnya.

Kewajiban mengujikan kembali alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP) tersebut, kata Sutrisno, sesuai ketentuan regulasi tentang tera ulang, UU No.2/1981.

“Jadi ini sifatnya wajib dilakukan masyarakat setiap tahun untuk melakukan peneraan UTTP yang dimiliki,” katanya. 

Kesadaran masyarakat sendiri untuk tera ulang, kata Kepala UPTD Metrologi Kabupaten Pati, Sutrisno, sebagian masih kurang. Meski ada diantara pelaku perdagangan yang dengan sukarela menera-ulangkan alat UTTP-nya ke UPTD Metrologi.