Pesona Lorodan Semar Kayen Pati, Menikmati Indahnya Sungai di Tengah Pegunungan Kendeng


Banyak potensi pariwisata menarik yang ditawarkan di kawasan pegunungan kendeng utara. Salah satunya adalah Air Terjun Lorodan Semar yang terletak di Desa Beketel, Kecamatan Kayen. Air terjun tersebut memang memiliki ciri khas daripada tempat lain, yakni bentuknya seperti Semar dengan pantat membesar dan sedikit membungkuk.

Tak jarang pula para wisatawan yang datang ke Lorodan Semar, memilih berendam untuk memanjakan tubuh. Ditambah dengan panorama alam di sekelilingnya, bisa dipastikan para wisatawan akan semakin betah berada di sungai itu.

Nanik Wahyuni, salah satu pengunjung Lorodan semar mengaku sangat senang dengan keindahannya. Selain bentuknya yang bertingkat dan berundak, air yang mengalir seperti memancarkan kilau keemasan pada saat siang hari.

“Ada tiga undakan yang ketiganya saling menghubungkan. Apabila dilihat dari dekat, Lorodan Semar nampak seperti air terjun tiga tingkat yang mempunyai keindahan sangat menakjubkan. Maka dari itu, saya sangat senang bisa mengabadikan momen berada di Lorodan Semar ini,” terangnya, Sabtu (2/9).

Disamping itu, tepat di sepanjang aliran air lorodan semar itu terdapat pemandangan alam yang sangat alami. Sebab, sepanjang bantaran sungainya ditumbuhi pepohonan hijau nan tinggi, sehingga bisa menjadi salah satu spot foto menarik. Tak hanya itu, lokasinya yang cukup tinggi bisa juga untuk menikmati pemandangan Kota Pati yang terlihat jelas.

“Menurut saya, selain bentuk lorodan semar yang menarik, pemandangan alam di sekelilingnya juga sangat menarik. Apalagi pohonnya terlihat hijau dan disebelah timur terdapat pemandangan gunung,” tambahnya.

Melihat lebih dekat lagi, pada bagian dasar sungai terdapat gundukan batu besar yang sekilas nampak seperti permainan plorodan. Sementara air yang mengalir dari atas, senantiasa membasahi gundukan batu tersebut sehingga batu menjadi licin dan mudah untuk dibuat mainan plorodan.

Peta Lokasi