Ruang Kelas SD yang Ambruk di Bangsalrejo Wedarijaksa Pati, Baru Akan Dibangun Tahun 2018

Kondisi SDN Bangsalrejo Wedarijaksa Pati
Ruang kelas di SDN Bangsalrejo, Kecamatan Wedarijaksa yang sudah tiga bulan ini rusak dipastikan baru akan dibangun 2018 mendatang.

Pembangunan ini dinilai terlalu lama. Apalagi, aktivitas belajar mengajar di sekolah tersebut terpaksa dialihkan di musala terdekat, karena ruang kelas tidak bisa ditempati.

Kepala SDN Bangsalrejo Shodiq mengaku, usai kejadian ruang kelas ambruk diterpa angin puting beliung Juni lalu, pihak sekolah sebenarnya langsung melaporkan ke UPTD Kecamatan Wedarijaksa. Selanjutnya,  dia juga melaporkan ke Dinas Pendidikan Kabupaten Pati bagian sarana dan prasarana (sarpras).

“Setelah saya lapor ke dinas pendidikan, katanya untuk pembangunan ruang kelas akan dianggarkan pada 2018,” terangnya, Sabtu (2/9).

Puing-puing akibat terpangan angin puting beliung di SDN Bangsalrejo masih berserakanPuing-puing akibat terpangan angin puting beliung di SDN Bangsalrejo masih berserakan

Sambil menunggu perbaikan, anak didik yang seharusnya menempati ruang kelas I tersebut, terpaksa dipindah ke Musala. Meskipun tidak kondusif untuk aktifitas belajar mengajar.

“Jika memang nanti ada bantuan, saya berharap bukan hanya satu ruang saja, tetapi tiga ruang. Karena, saat ini kondisi di sekolah kami sudah overload, sehingga sebagian siswa haru belajar di ruang darurat,” harapnya.

Banyaknya siswa tersebut, menurutnya tidak lepas dari adanya regrouping. Di mana, dulunya di lokasi tersebut ada dua SD yang kemudian digabung menjadi satu. Sehingga, kondisi tersebut berdampak terhadap bertambah jumlah siswa, sedangkan ruangan kelas terbatas.

“Ruangan kelas di sini itu hanya ada enam, padahal, jumlah rombongan belajar (rombel) ada sembilan. Sehingga, yang tiga rombel ditempatkan di ruang darurat, seperti perpustakaan, UKS dan musala. Apalagi, ada satu ruangan kelas yang ambruk,” ungkapnya.

Selain itu, ruang-ruang darurat tersebut, kondisinya juga memprihatinkan. Seperti halnya ruang UKS yang ukurannya cukup kecil. Beberapa ruangan kelas lain, yang kini digunakan untuk KBM juga tampak ada yang ambrol di bagian langit-langit.