Mengintip Metode Pengajaran SMK Salafiyah Kajen Pati Menghadapi Pasar Global


Pelajar SMK Salafiyah Kajen dididik untuk menghadapi persaingan global sejak awal. Genjotan Sumber Daya Manusia (SDM) tersebut dilakukan dengan menggelar bazar hasil karya siswa. Bertempat di Gedung Aula Puspela, Yayasan Salafiyah Kajen yang disulap menjadi pasar.

Belasan stand dengan penataan menarik tertata rapi, baik di lantai dasar maupun lantai dua bangungan bercat nuansa hijau tersebut. Ratusan siswa tampak sibuk, sebab mereka bukan hanya sebagai peserta melainkan juga pengunjung bazar.

Kepala SMK Salafiyah Kajen, Ubaidillah dan Kepala Yayasan Salafiyyah, Ghufron Halim mengatakan, "Sesuai dengan kacamata nasional, empat tahun belakangan ini, pemerintah fokus menggenjot SDM agar bisa mentas dari negara berkembang menjadi negara maju," ungkap Ubaidillah mengutarakan dasar pemikiran terkait penyelenggaraan kegiatan tersebut.

Untuk menuju cita-cita tersebut, kata dia, pemerintah telah menambah kuota SMK dengan menggandeng sejumlah komunitas, seperti lembaga pesantren. Sebab, lulusan SMK dinilai lebih siap untuk menuju negara maju dengan beragam keahlian yang dimiliki siswanya.

Ubaidillah memaparkan, kegiatan bazar kreativitas siswa merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahun. "Ini kegiatan ke 8 yang digelar. Yang membedakan SMK itu, siswanya punya keahlian dan siap pakai. Oleh karena itu agar kemandirian siswa terbentuk sejak awal, salah satu ekspresi mewujudkan hal itu, dengan acara seperti ini," ujar kepala sekolah yang akrab disapa Ubaid tersebut.