MGMP Bahasa Jawa Jateng Adakan Lomba Geguritan Tingkat Jawa Tengah


Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Jawa Provinsi Jawa Tengah, menggelar kegiatan Lomba Geguritan di Tirto Arum, Kendal, Sabtu (14/10/2017). Sebanyak 35 pelajar SMA dan SMK dari kabupaten/kota di Jawa Tengah mengikuti Lomba Geguritan tersebut.

Any Faiqoh, Panitia lomba, mengatakan Panitia lomba bertujuan nguri-nguri budaya Jawa. Pasalnya, seni baca puisi dalam bahasa Jawa itu sudah mulai luntur.

“Kalau baca puisi dalam bahasa Indonesia sering didengar. Tapi kalau membaca geguritan, asing bagi generasi sekarang,” jelasnya.

Para peserta adalah perwakilan kabupaten/kota masing-masing yang lolos ke tingkat Jawa Tengah. Kedepannya, lomba membaca geguritan tingkat SMA dan SMK akan rutin dilakukan setiap tahun, tambahnya.

Berikut daftar pemenang Lomba Geguritan tingkat Provinsi Jawa Tengah:

Di kelompok putra SMA, juara I-III masing-masing Chaerullah Alden dari SMAN 1 Tegal, M Devi Alghifari (SMAN 1 Salaman Magelang), dan Much Sulaiman (SMA Islam Pekalongan).

Di putri masing-masing Indy Adela dari SMAN 1 Tegal, Nurul Aini (SMAN 3 Pekalongan), dan Masyitoh Nur Afiani (SMAN 3 Sukoharjo).

Juara putra SMK secara berurutan dari I-III adalah Prayoga Kukuh dari SMKN 8 Surakarta, Renu Suhasta (SMKN 1 Blora), dan Hanif Zain N (SMK Tekstil Lailatul Qodar).

Di bagian putri masing-masing Sally Yushinta dari SMKN Jawa Tengah, Mila Ayanah (SMKN 1 Wonosobo), dan Tiara Rizki (SMK Banjarnegara).

Kepala Bidang Pembinaan Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah, Bambang Supriyono, menyebut lomba membaca geguritan ini perlu dilakukan agar generasi muda merawat budaya Jawa.

“Bahasa dalam geguritan sangat indah, maknanya juga dalam . Kalau kita benar dalam membacanya, yang mendengarkan bisa tersentuh hatinya,“ ujar Bambang.