Pemkab Pati Terima Bantuan Perpustakaan Keliling


Dalam rangka meningkatkan minat baca, dan kualitas pendidikan masyarakat. Terutama, dikalangan anak-anak dan generasi muda. Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Djoko Ujiyanto  menyerahkan bantuan mobil perpustakaan keliling dari Perpustakaan Nasional kepada Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpuskab) Kabupate Pati

Penyerahan Mobil Perpustakaan Keliling di serahkan langsung Djoko Ujianto yang di dampingi Bupati Pati Haryanto di Pendopo Kabupaten Pati, Jumat (24/11/2017).

Djoko Ujianto, mengatakan “Ini adalah program dari Perpustakaan Nasional. Kebetulan program ini, untuk bantuan mobil perpustakaan keliling lengkap dengan piranti di dalamnya senilai Rp.700 juta, yang kita taruh di daerah pemilihan kita." 

Bantuan mobil perpustakaan keliling yang satu paket ini terdiri satu unit mobil, 800 buah buku, laptop, genset, TV dan layar screen, pengeras suara, dan fasilitas internet, imbuhnya.

Tujuannya adalah, menggiatkan terutama anak-anak dan generasi muda gemar membaca. Bayangkan literasi kita sekarang ini, rendah sekali. Makanya sekarang Pemerintah memprioritaskan program gemar membaca yang dalam hal ini dilakukan Perpustakaan Nasional, jelasnya.

Pihaknya juga akan memperjuangkan pemberian beasiswa 10.000 pelajar SD, SMP, SMA dan SMK, serta perbaikan sara prasarana pendidikan yang mengalami kerusakan, memberdayaan ekonomi masyarakat, dan pembangunan sarana dan prasarana olah raga yang memadahi, pungkasnya.

Sementaraitu, Bupati Pati Haryanto berjanji akan memanfaatkan bantuan mobil perpustakaan keliling tersebut untuk kepentingan para pembaca khususnya pada anak-anak sekolah, maupun masyarakat umum. “Kami juga sudah punya perpustakaan keliling tapi belum memadahi dan mencukupi. Sehingga kalau ditambah lagi dengan adanya ini, sudah barang tentu akan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang tidak bisa membeli membaca buku,” katanya.