Kemeriahan Kirab Budaya Imlek 2569


Kabarkotapati - Kirab Budaya Imlek 2569 yang di gelar komunitas Klentheng Hok Tek Bio Pati dan Gusdurian Pati, mendapat apresiasi masyarakat. Bahkan beberapa jam sebelum kirab berlangsung, warga dari berbagai etnis berjajar di sepanjang rute perjalanan iring-iringan peserta karnaval.

Ribuan warga tampak antusias berjajar dipinggi-pinggir jalan di sepanjang rute perjalanan peserta kirab budaya Imlek 2569, mulai dari jembatan Kalidoro hingga berakhir di halaman Klentheng Hok Tik Bio Pati di Jl Setyabudi,  Jumat siang (16/2).

KH Heppy Irianto,  Penasehat Gusdurian Pati, mengungkapkan, kirab budaya tersebut, merupakan rangkaian perayaan pergantian tahun baru Tionghoa (Imlek 2569) di Kabupaten Pati. 

“Kirab tersebut melibatkan 23 peserta, baik dari warga Pati sendiri maupun warga dari luar daerah. Seperti, Kota Semarang,” tuturnya.


Saat memberangkatkan peserta kirab budaya Imlek, Bupati Pati Haryanto berharap, melalui kirab tersebut dapat tercipta kerukunan antar lintas iman (agama) di Kabupaten Pati.

“Saya berharap, kerukunan yang terbangun melalui kirab budaya Imlek Klentheng Hok Tek Bio Pati, semakin memperkokoh dan memperkuat persatuan kerukunan warga di Pati, maupun warga Indonesia umumnya,” tutur Bupati Pati Haryanto.

Kirab budaya Imlek 2569 yang mendapat apresiasi luar biasa dari masyarakat Pati itu, diantaranya mengikutsertakan sejumlah drumband dari dalam dan luar Pati, reeog Ponorogo, Barongsai, Dewa Dewi Semarang serta Komunitas American Jeep Pati.