PWI Jateng Apresiasi TPA Sukoharjo Pati


Kabarkotapati - Kedengaran tak lazim memang Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dijadikan tempat pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) wartawan Pati. TPA yang identik dengan bau tak sedap dan tempat yang kumuh sama sekali tidak terlihat di TPA Desa Sukoharjo Kecamatan Margorejo tersebut.

TPA yang dilengkapi dengan satwa dan fasilitas permainan anak-anak ini seakan disulap menjadi destinasi wisata yang menarik.

Banyaknya studi banding dari daerah lain yang bertandang ke TPA ini menunjukkan bahwa Pemkab Pati telah sukses mengubah image TPA menjadi tempat wisata.

Demikian halnya dengan Widi Hartono, Perwakilan Pengurus PWI Jateng yang berkesempatan menjadi narasumber dalam FGD Wartawan Pati dengan Humas Setda Kabupaten Pati. Selaku narasumber ia sangat mengapresiasi diadakanya diskusi di TPA. "Sangat luar biasa , TPA sebagai tempat tujuan wisata, tak pernah terfikirkan dalam benak saya. Aneh-aneh, tempat diskusi kok TPA", ujarnya.

Tetapi setelah ia melihat langsung rupanya yang ada di lapangan jauh berbeda. "Ini luar biasa, TPA yang jauh dari bau tak sedap serta dilengkapi dengan satwa serasa di kebon binatang. Saya sempatkan potret-potret dan memberi pakan kijang, lalu saya unggah di facebook dan langsung banyak sekali yang menanggapi" , ujarnya.

Ia mengaku baru kali ini menemukan TPA yang menjadi tempat tujuan wisata menarik sekaligus tempat belajar. "Sudah saya promosikan. Sudah menjadi tugas wartawan memberitakan TPA ini untuk mengedukasi masyarakat", ujarnya disambut tepuk riuh peserta FGD.